Categories
Agribisnis

Lajunya Industri Mesin Pertanian Asia di CIAME 2017

China Agricultural Ma chinery Dis tribution Association (CAMDA), China Agricultural Mechanization Associa tion (CAMA), dan China Association of Agricultural Machinery Manufacturers (CAAMM) sukses besar menyelenggarakan China Inter national Agricultural Machinery Exhibition (CIAME) 2017 di Wuhan International Convention & Exhibition Center (WICEC), Wuhan, Hubei, China (26- 28/10). Berikut laporan Galuh Ilmia Cahya ningtyas langsung dari Wuhan, China.

Terbesar di Asia

Skala pameran tahunan ini hanya bisa ditandingi pameran sejenis di Eropa. Bayangkan saja, kompleks gedung pameran berbentuk melingkar seperti bunga dengan 12 mahkota bunganya seluas 127 ribu m2 terisi pe nuh oleh peserta. Pun area terbuka di dalam kompleks tak tersisa.

Bahkan ada sekelompok peserta yang menempati sisi luar kompleks. Jadi totalnya seluas 230 ribu m2 . Layak bila pameran yang digelar sejak 60 tahun silam ini diklaim terbesar di Asia. Areal sebesar itu mengakomodasi 1.993 peserta pameran yang terdiri dari 1.032 perusahaan besar dan 961 perusahaan suku cadang dan komponen. Berbeda dengan di Eropa yang pesertanya dari banyak negara, peserta CIAME “hanya” dari 14 negara.

Di antara 130 ribu pengunjung, 1.077 orang adalah pengunjung asing dari 52 negara. Mao Hong, Chairman of CAMDA pada pembukaan pameran menyatakan, “Kami akan mempercepat modernisasi pertani an di China supaya ongkos produksi pertanian bisa dipangkas. Kami juga meng undang siapa pun yang ingin investasi di China karena ini merupakan kesempatan yang baik.” China, lanjut dia, juga akan terus mengembangkan kerja sama dari sisi perdagangan, teknologi, dan kebijakan terkait mesin pertanian dengan negara lain.

Pihaknya akan mendukung penuh kerjasama tersebut dengan membangun platform sebagai upaya integrasi pihak-pihak terkait.

Dari Padi hingga Anggrek

Dengan jumlah penduduk 1,3 miliar ji wa, China harus memproduksi pangan da lam jumlah sangat banyak. Lahannya yang luas sangat memungkinkan untuk menerapkan pertanian dengan mekani sa si penuh.

Wajar bila negeri ini terbilang salah satu pasar terbesar mesin pertanian di dunia. Pasar ini diisi pemain dalam negeri dan diincar produsen asing dari Eropa, Jepang, Korsel, Turki, juga Amerika Serikat. Terlihat di sini nama-nama kondang dari dalam ne geri, seperti YTO, Lovol, Zoomlion, Dong feng, Shandong Shifen, Grup Wuzheng, Juming Machinery, Shandong Daqi, dan Yongmeng Machinery.

Sementara merek global yang mejeng antara lain John Deere, Claas, AGCO, Same-Deutz Fahr, New Holland, Kubota, dan Yanmar. Para produsen mesin pertanian tersebut memamerkan sarana lengkap dari pratanam hingga pascapanen, seperti mesin pengolahan lahan, pemanen, pemupuk, pengairan, pencacah hijauan, pesawat udara pertanian, mesin pengolahan dengan laser, dan peralatan perlindungan tanaman terhadap hama penyakit.

Di aula A3 terpajang mesin padi lengkap mulai dari proses persiapan lahan hingga panen. Ada pula area khusus mesin-mesin budidaya sayuran dan anggrek. Ada 104 produk dari 45 produsen terkait sayuran dan anggrek meliputi mesin persiapan tanah, pemupukan, pembuatan guludan, penabur benih, penanam bibit, pemetik, pengangkut hasil panen.

Bersamaan dengan pameran berlangsung Agrievolution Summit 2017, sebuah aliansi global yang mengakomodasi suara produsen mesin-mesin pertanian. Di dalamnya, ada 14 organisasi yang mewakili lebih dari 6.000 perusahaan di seluruh dunia. Pada pertemuan 18 bulan sekali ini para mitra, produsen, dealer, aso siasi, perwakilan pemerintahan, akademisi, dan tokoh petani bertukar informasi dengan fokus kolaborasi dan inisiasi industri global.

Edisi tahun ini mengangkat topik “The Asian Perspective: Cooperation among Industry, Research, and Best Practices in Global Farming”. Isinya mencakup kebijakan mesin pertanian China, mengupas tren pasar global, Asia, dan khususnya China.

Tak ketinggalan paparan precision farming dengan pembicara para akademisi dan pelaku agribisnis terkait.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *